Tugas Uprak

Monday 30 January 2017

Seni Budaya

Seni Budaya adalah suatu segala sesuatu yang diciptakan manusia mengenai cara hidup berkembang secara bersama pada suatu kelompok yang mengandung unsur keindahan (estetika) secara turun temurun dari generasi ke generasi.
   Seni adalah kata serapan dari bahasa Sansekerta yaitu sani. Yang berarti pemujaan, pelayanan dan persembahan’. Sehingga kata tersebut memiliki ikatan erat dengan suatu upacara keagamaan atau biasa kita kenal dengan nama ‘kesenian’. Dalam bahasa Inggris, budaya disebut culture yang berasal dari bahasa Latin, colere yang berarti mengolah atau mengerjakan.

   Seni dan budaya adalah dua hal yang saling berkaitan dan sangat sulit untuk dipisahkan. Karena di setiap seni pasti mengandung kebudayaan yang khas begitu juga sebaliknya, pada setiap kebudayaan pasti mengandung nilai seni yang indah.



   Budaya terbentuk dari banyak unsur yang sulit meliputi sistem agama, dan politik, adat istiadat, bahasa, pakaian, karya seni, perkakas, dan bangunan. Istilah budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa Sanskerta yaitu buddhayah, sebagai bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) yang diartikan hal-hal yang berkaitan dengan budi, dan akal manusia.

   Budaya juga sering dikatakan sebagai gabungan kata budi dan daya yang berarti sebagai segala sesuatu yang dipikir, dirasa, dan direnung serta diamalkan dalam bentuk daya sehingga menghasilkan suatu bentuk kehidupan. Oleh karena itu bisa didimpulkan pengertian seni budaya secara bahasa adalah segala bentuk ketulusan jiwa yang luhur yang berkaitan dengan budi dan akal manusia yang menghasilkan sesuatu yang bisa dipikir, dirasa, direnung, dan diamalkan untuk menghasilkan sesuatu yang berharga dan bernilai. Itulah beberapa pengertian seni budaya menurut para ahli dan bahasa.

   Seni budaya merupakan penjelmaan rasa seni yang sudah menjadi budaya yang termasuk dalam aspek kebudayaan, yang dapat dirasakan oleh orang banyak dalam rentang perjalanan sejarah peradaban manusia. Seni budaya merupakan sistem yang komperhensif karena seni budaya dapat menjalankan komunikasi efektif, antara lain dengan melalui satu bagian saja dapat menunjukkan keseluruhannya. Seni budaya merupakan penunjang sarana upacara adat.

No comments:

Post a Comment